Kontraktor Bangunan atau Pemborong Bangunan

Jasa Kontraktor atau Pemborong?
Ingin membangun atau renovasi rumah tapi budget tipis? Bingung mulai darimana? Banyak pilihan untuk membangun rumah, bisa kita menyewa orang dengan upah harian atau dengan sistem jasa kontraktor, bisa juga dengan sistem borongan.
Rumah atau gedung yang akan dibangun akan dihitung luas, model, material bahan, dan waktu pengerjaan. Kontaktor bisa diartikan dengan orang atau suatu badan hukum yang ditunjuk untuk melakukan suatu pekerjaan/ tender. Tiap kontraktor memiliki fokusnya masing-masing. Ada berbagai jenis kontraktor bisa bergerak di bidang pembangunan, perekrutan tenaga kerja, ketanahan atau lahan, dll.
Kita dapat menyewa kontraktor sesuai budget kita ada yang skala kecil (omzet kurang dari 1 milyar), skala sedang (omzet sekitar milyaran sampai puluhan milyar), dan skala besar (omzet bisa ratusan milyar sampai triliunan). Kita tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Sekarang banyak perusahaan yang menyediakan jasa kontraktor ini. Pada umumnya, jasa kontraktor sudah termasuk dalam pekerjaan desain, pengelolaan tata ruang atau disebut interior desaign, sanitasi, material bahan, pekerjanya, dll.
Seringkali masyarakat ada juga yang menyebut kontraktor sebagai pemborong. Pada hakikatnya, antara jasan kontraktor dan pemborong itu sama, yaitu orang atau badan hukum yang melaksanakan suatu pekerjaan. Dan orang-orang lebih mengenal kontraktor atau pemborong bergerak di bidang konstruksi atau pembangunan. Jika orang mendengar kontraktor atau pemborong sering berasumsi sebagai orang yang membangun rumah atau gedung. Sehingga banyak juga yang mengartikan kontraktor sebagai penyedia jasa yang berbadan hukum dan pemborong sebagai perorangan.
Tukang bangunan menyebutkan dirinya sebagai pemborong karena ilmu dan pengalaman di bidang tersebut. Pemborong mendapatkan keuntungan dari waktu kerja pegawainya, keuntungan ini lebih besar daripada gajinya sebagai tukang bangunan. Sedangkan kontraktor banyak didefinisikan sebagai pengusaha penyedia jasa bangunan dan dapat mengkoordinir pekerjanya bukan sebagai tukang bangunan. Sehingga terjadi perbedaan di masyarakat soal istilah kontraktor dan pemborong.
Perbedaan karaketristik kontraktor dan pemborong
Untuk lebih mudah membedakannya, kita perlu memahami karakteristiknya masing-masing. Memang ada kesamaan, namun ada hal-hal esensial yang membedakan diantara keduanya.
Adapun karakteristik usaha pada kontraktor sebagai berikut.

Sifat usahanya perorangan  atau berbadan hukum (perusahaan)
Memiliki izin usaha
Tingkat pendidikan pelaku kerja pada umumnya universitas atau akademi
Memiliki kantor resmi dan memiliki fasilitas seperti perusahaan
Memiliki struktur organisasi
Memiliki anggaran yang terstruktur
Memiliki surat perjanjian hitam diatas putih dengan konsumen
Proyek dilakukan oleh tenaga ahli/ profesional
Tingkat kepercayaan klien pada perusahaan lebih tinggi
Pemborong memiliki karakteristik seperti berikut.

Umumnya bersifat perorangan
Umumnya tidak memiliki izin usaha
Tingkat pendidikan SMA/SMP
Mengurus usahanya dengan individu
Tidak ada kantor resmi, tidak berbadan hukum
Pemasaran biasanya dari mulut ke mulut
Pada umumnya proyek dikerjakan berdasarkan pengalaman
Pada umumnya tidak ada kesepakatan hitam di atas putih, lebih kesepakatan lisan
Tingkat kepercayaan klien berdasarkan pengalaman
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung anda akan memilih yang mana. Pada umumnya kontraktor lebih mahal daripada pemborong karena dikerjakan oleh orang yang profesional di bidangnya. Tidak menutup kemungkinan pemborong juga lebih profesional daripada kontraktor.


 Kontraktor Bangunan di Tangerang Kota..
Kota Tangerang adalah sebuah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Kota Tangerang berbatasan dengan Kabupaten Tangerang di sebelah utara dan barat, Kota Tangerang Selatan di sebelah selatan, serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta di sebelah timur. Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi di provinsi Jawa Barat dan dilalui oleh Jalan Nasional Rute

0 Response to "Kontraktor Bangunan atau Pemborong Bangunan"

Post a Comment

Powered by Blogger.